Info

Manfaat Kesehatan Dari Humor Dan Tawa

Manfaat Kesehatan Dari Humor Dan Tawa

Selera humor yang sehat dapat membantu Anda menghadapi masa-masa sulit. Humor dapat dilihat sebagai balsem yang menenangkan atau pengalihan cahaya. Tapi humor jauh lebih kuat daripada sekadar menyejukkan atau menenangkan kita. Faktanya, ini adalah alat yang sering diabaikan dalam gudang senjata kita dalam pertempuran untuk tetap bugar. Dalam menghadapi tantangan ekonomi, sosial, politik, dan kesehatan, adalah bijaksana untuk beralih ke cara yang kurang jelas untuk melindungi diri kita sendiri. Segudang manfaat kesehatan dari humor dan tawa sangat luas jangkauannya. Sepertinya Anda hanya menertawakan lelucon teman atau monolog komedian, tetapi sebenarnya kesehatan Anda membaik. Ada bukti klinis bahwa menggelitik tulang kesenangan Anda tidak hanya memberi Anda kesenangan, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan fisik, psikologis, dan sosial Anda.

Keuntungan Fisik

Pada tingkat yang paling dasar, tawa melatih diafragma. Anda dapat menghirup lebih banyak udara beroksigen dan dapat mengiritasi paru-paru Anda. Pada saat-saat tawa parau itu, Anda menghilangkan ketegangan fisik di otot Anda.

  • Tertawa Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung
    Sementara otot Anda rileks selama aktivitas yang tampak seperti aktivitas kecil, para ahli medis memberi tahu Anda bahwa itu juga meningkatkan fungsi pembuluh darah. Tertawa pada acara yang menyenangkan meningkatkan kesehatan jantung. Tertawa meningkatkan detak jantung dan menurunkan tekanan darah.
  • Humor Menghibur Dan Mengurangi Rasa Sakit Fisik
    Robert Bonakdar, MD, FAAFP, FACN, Director of Pain Management di Scripps Center for Integrative Medicine, mencerahkan suasana saat menyapa pasien. Dia bilang dia suka membawa tawa ke ruang terapi jika memungkinkan. Dia biasanya menggunakan pemecah kebekuan untuk membuat pasien merasa nyaman dan membuat mereka tersenyum. Pendekatan ini memiliki tujuan. Dengan memasukkan tawa ke dalam praktiknya, dia tidak hanya membantu pasien merasa lebih nyaman, tetapi juga membantu mengurangi persepsi rasa sakit.
  • Tertawa Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur Dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Psikolog PsyD, Scott Bea, mengatakan bahwa senyuman yang tulus memberikan manfaat fisik lainnya. Penelitian menunjukkan itu juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

Manfaat Kesehatan Dari Humor Dan Tawa

Keuntungan Psikologis

Humor dapat menghilangkan stres dan kecemasan yang kita hadapi di banyak masa sulit dan menantang efek yang sama bisa didapatkan juga melalui kebutuhan entertainment dari games contohnya dari games slot dari maxbet.top.

  • Tawa Mengurangi Stres
    Ada bukti klinis bahwa humor mengurangi hormon stres. Kortisol adalah hormon stres utama yang bersirkulasi ke seluruh tubuh Anda saat Anda stres. Mengurangi kadar kortisol penting karena kadar kortisol yang tinggi membebani sistem kekebalan tubuh. Saat Anda disibukkan dengan hal-hal yang menyenangkan, Anda tidak dapat berfokus pada sisi negatif pada saat yang bersamaan. Selingan yang lucu dapat memberi Anda istirahat dari kekhawatiran Anda. Ruang di mana Anda dapat menundukkan kepala dan bernapas itu sendiri bermanfaat.
  • Humor Meningkatkan Daya Ingat
    Manfaat lain menggunakan humor yang mungkin mengejutkan Anda terkait dengan otak Anda. Humor meningkatkan daya ingat. Ketika humor yang relevan dipasangkan dengan fakta, Anda akan cenderung mengingat fakta itu.

Baca Juga : CARA MENGHIBUR SESEORANG

Keuntungan Sosial

Tidak apa-apa untuk tertawa bersama pada hal-hal yang lucu, konyol, atau keterlaluan. Hubungan mendapat manfaat saat Anda terhubung dengan orang lain melalui humor.

  • Tawa Menyatukan Orang
    Tawa bersama membangun ikatan di antara orang-orang. Sebagian besar dari kita ingat saat tawa menular dan menyebar dengan cepat dari dua orang ke satu kelompok. Orang biasanya merasa lebih dekat ketika mereka tertawa bersama.
  • Tertawa Menambahkan Efek Positif Pada Percakapan
    Humor memiliki manfaat sosial lain yang berharga. Hanya dengan membagikan meme atau membuat lelucon, orang lebih cenderung untuk berbicara dengan Anda. Menggunakan humor, terutama selama percakapan rumit atau perbedaan pendapat, dapat membuka jalan untuk diskusi yang lebih baik. Ini menghilangkan ketegangan dan membuat orang lain rileks.