Info

Perbaiki Mood Anda Dengan Liburan Selama Covid-19

liburan

Bagi banyak orang, musim liburan tahun ini akan terlihat berbeda. Seringkali, beberapa bulan terakhir tahun ini sibuk dengan pesta dan mengunjungi keluarga dan teman. Tetapi karena COVID-19, hal-hal seperti bepergian dan berkumpul dalam kelompok besar mungkin tidak dapat dilakukan.

Banyak orang kehilangan orang yang dicintai dan akan kehilangan kehadiran seseorang selama perayaan, dan bahkan lebih banyak lagi yang kehilangan pekerjaan dan menghadapi tekanan keuangan. Yang lain, seperti petugas kesehatan, mungkin bekerja lembur dan tidak dapat mengambil cuti sebanyak biasanya di sekitar liburan. Mungkin sulit untuk mengatasi perubahan semacam ini, terutama jika hari libur tertentu adalah satu-satunya saat Anda melihat beberapa orang yang Anda cintai.

Jika Anda hidup dengan kondisi kesehatan mental, Anda mungkin mengalami masa yang sangat sulit dengan ketidakpastian dan perubahan rencana tahun ini. Banyak orang dengan kondisi kesehatan mental menganggap konsistensi penting dalam pemulihan mereka, terutama selama masa stres tinggi – seperti pandemi dan musim liburan. Pergeseran tradisi yang tiba-tiba mungkin membuat Anda merasa sangat kehilangan kendali selain kekecewaan.

Perubahan itu sulit bagi kebanyakan orang, terutama jika Anda tidak meminta atau bahkan mengharapkan perubahan ini. Namun bukan berarti liburan tahun ini ditakdirkan untuk mengecewakan. Ada banyak cara untuk mengatasi perasaan sulit yang Anda alami saat masih menikmati liburan:

Identifikasi Bagaimana Perasaan Anda.
Mencari tahu emosi Anda tentang liburan yang akan datang dapat membuat segalanya terasa lebih ringan. Kebanyakan orang merasakan banyak cara yang berbeda sekaligus sekarang, yang sulit bagi otak kita untuk memproses dan memahami. Tahun ini merupakan tahun yang sulit karena berbagai alasan. Itu berarti bahwa beberapa kesusahan Anda kemungkinan terkait dengan hal-hal selain liburan. Sangat normal bagi Anda untuk merasa sedikit lebih emosional dari biasanya saat ini. Luangkan waktu untuk memilah-milah emosi Anda dengan cara apa pun yang paling produktif untuk Anda – Anda dapat membuat jurnal, berbicara dengan teman, atau hanya menghabiskan waktu tenang untuk berpikir. Setelah Anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang perasaan spesifik yang Anda alami, Anda dapat mulai membuat rencana untuk mengatasinya.

Akui Apa Yang Telah Hilang Darimu.
Sementara liburan terutama tentang rasa syukur dan perayaan, ini juga bisa menjadi waktu yang sangat sulit sepanjang tahun, bahkan selama keadaan normal. Jika Anda kehilangan orang yang Anda cintai, pikirkan cara untuk menghormati mereka selama perayaan Anda. Jika Anda kehilangan pekerjaan atau harus putus sekolah, luangkan waktu untuk mengenali tantangan yang menyertainya. Bahkan jika Anda tidak kehilangan sesuatu yang nyata, kita semua kehilangan rasa normal tahun ini – tidak apa-apa untuk berduka selama waktu ini.

Liburan

Manfaatkan Itu.
Tidak dapat disangkal bahwa hal-hal akan berbeda tahun ini, tetapi liburan tidak perlu dibatalkan (atau bahkan diminimalkan). Akan ada beberapa hal yang tidak dapat Anda lakukan saat ini di Betberry, tetapi pasti ada beberapa yang dapat Anda lakukan. Anda masih bisa mengukir labu, mengirim permen ke teman dan keluarga Anda untuk Diwali, membuat makanan Thanksgiving favorit Anda, menyalakan menorah, menghias rumah roti jahe, dan membuat popper confetti untuk Malam Tahun Baru. Untuk hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan – lakukan brainstorming bagaimana menyesuaikannya untuk masa COVID. Jika Anda kecewa dengan pembatalan pesta Halloween, rencanakan pertemuan kecil di luar ruangan, atau buat game virtual untuk dimainkan melalui Zoom. Merasa kesepian karena tidak bisa bertemu keluarga besar? Kumpulkan sepupu Anda untuk melakukan obrolan video sambil menyiapkan makan malam Thanksgiving.

Jangan Meromantisasi Rencana Liburan Anda Yang Khas.
Ingatlah bahwa meskipun musim liburan Anda biasanya penuh dengan kegembiraan dan kegembiraan, itu juga bisa menjadi saat stres yang tinggi. Perjalanan berhari-hari yang panjang, daftar tugas yang tak ada habisnya, dan makan malam dengan satu anggota keluarga yang tidak cocok dengan Anda juga merupakan bagian dari liburan. Meskipun Anda mungkin melepaskan beberapa hal favorit Anda tentang liburan tahun ini, Anda mungkin juga meninggalkan beberapa penyebab stres. Anda tidak perlu senang tentang ini – terkadang kekacauan adalah bagian dari kesenangan! – tetapi berhati-hatilah untuk tidak mengubah situasi dan membuatnya tampak lebih buruk daripada yang sebenarnya.

Latih Rasa Syukur.
Rasa syukur adalah fokus utama sepanjang tahun ini, dan meskipun mungkin tampak lebih sulit untuk menemukan hal-hal untuk dihargai, masih banyak yang bisa disyukuri. Buatlah upaya sadar untuk secara teratur mengidentifikasi beberapa hal yang Anda syukuri. Ini bisa berupa sesuatu yang luas seperti kesehatan Anda, atau sesuatu yang spesifik seperti lagu favorit Anda yang diputar di radio terakhir kali Anda masuk ke dalam mobil. Perubahan itu sulit, tetapi tidak selalu buruk. Masih ada cara untuk merayakan musim dengan orang yang Anda cintai, bahkan jika Anda harus melepaskan beberapa tradisi favorit Anda. Temukan cara kreatif untuk beradaptasi. Atau mulailah tradisi baru – bahkan mungkin menambah makna pada musim liburan Anda.

BACA JUGA : CARA TERBAIK UNTUK MEREDAKAN STRES MELALUI HIBURAN

Jika Anda masih merasa sedih, putus asa, atau tidak dapat menikmati liburan tahun ini, Anda mungkin sedang berjuang dengan kondisi kesehatan mental. Ambil layar online untuk menentukan apakah yang Anda rasakan adalah tanda dari sesuatu seperti depresi atau kecemasan daripada stres liburan.